RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
Nama Sekolah :
Tema : Kedisiplinan
Kelas/ Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 1 minggu (16 jam pelajaran x 30 menit)
A. Standar Kompetensi
·
Pendidikan
Kewarganegaraan
4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
·
Ilmu Pengetahuan
Alam
5.
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta
pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
·
Bahasa
Indonesia
Menulis
8. Menulis
permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin
·
Matematika
4.
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan
masalah
B. Kompetensi Dasar
·
Pendidikan
Kewarganegaraan
4.2 Melaksanakan aturan yang berlaku
di masyarakat
·
Ilmu Pengetahuan
Alam
5.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
·
Bahasa
Indonesia
Menulis
8.1
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
·
Matematika
4.4 Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan dua angka
C. Indikator
·
Pendidikan
Kewarganegaraan
1.
Memberi contoh peraturan di lingkungan tempat tinggal.
2.
Memberi contoh peraturan di jalan raya.
3.
Menyebutkan manfaat menaati peraturan yang berlaku di
masyarakat.
4.
Menyebutkan akibat tidak patuh terhadap peraturan di masyarakat.
5.
Mematuhi peraturan yang ada di masyarakat.
·
Ilmu Pengetahuan
Alam
1.
Mengamati keadaan cuaca di sekitar.
2.
Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan.
3.
Menjelaskan perbedaan cuaca saat hujan dan saat cerah.
·
Bahasa
Indonesia
1.
Menulis huruf tegak bersambung.
2.
Menulis kalimat sederhana dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
3.
Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Matematika
1.
Menjumlahkan bilangan dua angka.
2.
Mengurangi bilangan dua angka.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini selesai, peserta didik
diharapkan dapat :
1.
Memberi contoh peraturan di lingkungan tempat tinggal.
2 2.
Memberi contoh peraturan di jalan raya.
3 3 .
Menyebutkan manfaat menaati peraturan yang berlaku di
masyarakat.
4 4.
Menyebutkan akibat tidak patuh terhadap peraturan di
masyarakat.
5 5.
Mematuhi peraturan yang ada di masyarakat.
6 6.
Mengamati keadaan cuaca
di sekitar.
7 7.
Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan.
8 8.
Menjelaskan perbedaan cuaca saat hujan dan saat cerah.
9 9.
Menulis huruf tegak bersambung.
110. Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
111. Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung.
112. Menjumlahkan
bilangan dua angka.
113. Mengurangi
bilangan dua angka.
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
Disiplin, kerja sama, kreatif, rasa ingin
tahu, bersahabat, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, saling
menghargai.
E. Materi Pembelajaran
·
Pendidikan
Kewarganegaraan
Aturan yang berlaku di masyarakat
·
Ilmu Pengetahuan
Alam
Keadaan cuaca di sekitar kita
·
Bahasa
Indonesia
Menulis kalimat
·
Matematika
Penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
F. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Kerja kelompok
5.
Pemberian tugas
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
-
Guru mengabsen kehadiran siswa, berdoa, membuka
pelajaran dan memotivasi siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru melakukan apersepsi.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama : 4 x 30 menit (PKn,
IPA dan B. Indonesia)
Eksplorasi
-
Guru mengadakan tanya jawab tentang aturan di
masyarakat.
-
Peserta didik mengamati penjelasan guru tentang aturan
yang berlaku di masyarakat.
-
Peserta didik memberi contoh peraturan di lingkungan
tempat tinggal.
-
Guru mengadakan tanya jawab tentang cuaca di sekitar.
-
Peserta didik mengamati penjelasan guru tentang
penulisan huruf tegak bersambung.
Elaborasi
-
Peserta didik mengerjakan LKS tentang aturan di
lingkungan tempat tinggal.
-
Guru membahas pekerjaan siswa tentang aturan di
lingkungan tempat tinggal.
-
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
-
Peserta didik mengamati keadaan cuaca yang sedang
terjadi.
-
Peserta didik menuliskan hasil pengamatan tentang
keadaan cuaca yang sedang terjadi secara berkelompok.
-
Peserta didik melaporkan hasil pengamatan tentang
keadaan cuaca yang sedang terjadi secara berkelompok.
-
Peserta didik menulis huruf tegak bersambung di buku
tulis.
Konfirmasi
-
Guru meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan
penguatan.
-
Guru memotivasi peserta didik agar melaksanakan aturan
di lingkungan tempat tinggal.
-
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
bertanya.
-
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang
diajarkan.
Pertemuan kedua : 4 x 30 menit (PKn,
IPA dan B. Indonesia)
Eksplorasi
-
Peserta didik menceritakan pengalaman waktu di
perjalanan menuju sekolah.
-
Peserta didik memberi contoh peraturan di jalan raya.
-
Guru menampilkan gambar yang menunjukkan manfaat
menaati peraturan dan akibat tidak menaati peraturan.
-
Peserta didik menanggapi gambar yang menunjukkan
manfaat menaati peraturan dan akibat tidak menaati peraturan.
-
Peserta didik menceritakan tanda-tanda akan turunnya
hujan.
-
Peserta didik membedakan cuaca saat hujan dan saat
cerah.
Elaborasi
-
Peserta didik melengkapi cerita bergambar secara
berkelompok
-
Peserta didik melaporkan hasil diskusi secara kelompok
di depan kelas.
-
Peserta didik secara kelompok berdiskusi menuliskan
tanda-tanda akan turunnya hujan dan menuliskan perbedaan cuaca saat hujan dan
saat cerah.
-
Peserta didik berlatih menulis kata dengan huruf tegak
bersambung.
Konfirmasi
-
Guru memeriksa dan memberi penguatan terhadap hasil
kerja peserta didik.
-
Guru memotivasi peserta didik agar melaksanakan aturan
di jalan raya.
-
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
bertanya.
-
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang diajarkan.
Pertemuan ketiga : 4 x 30 menit (B. Indonesia dan Matematika)
Eksplorasi
-
Guru mengadakan tanya jawab tentang penjumlahan
bilangan.
-
Peserta didik mengamati penjelasan tentang penjumlahan
bilangan dua angka.
Elaborasi
-
Peserta didik membuat kalimat sederhana dan menulisnya
dengan huruf tegak bersambung.
-
Peserta didik menulis kalimat sederhana dengan huruf
tegak bersambung di papan tulis.
-
Peserta didik mengerjakan tugas tentang penjumlahan
bilangan dua angka.
Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
-
Guru memberikan penguatan.
-
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang
diajarkan.
Pertemuan keempat : 4 x 30 menit (B.
Indonesia dan Matematika)
Eksplorasi
-
Guru mengadakan tanya jawab tentang pengurangan
bilangan.
-
Peserta didik mengamati penjelasan tentang pengurangan
bilangan dua angka.
Elaborasi
-
Peserta didik menulis kalimat sederhana yang didiktekan
guru dengan huruf tegak bersambung.
-
Peserta didik mengerjakan tugas tentang pengurangan
bilangan dua angka.
Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
-
Guru memberikan penguatan.
-
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang
diajarkan.
3. Kegiatan Akhir
-
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang
diajarkan.
-
Guru memberikan pekerjaan rumah.
-
Guru menutup pelajaran dan berdoa.
H. Sumber/ Alat / Bahan Belajar
·
Sumber Belajar
1.
Buku Bahasa Indonesia Kelas 1
2.
Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1
3.
Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 1
4.
Buku Matematika Kelas 1
·
Alat Peraga
1.
Gambar
2.
Lembar Kerja
I. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran.
1. Teknik:
Tes tertulis, tes lisan dan perbuatan.
2. Bentuk :
·
Isian
·
Pilihan Ganda
3. Instrumen :
·
LKS
·
Daftar isian
0 komentar:
Posting Komentar