Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : IV
/ 1
Alokasi
Waktu : 4
jp x 35 menit (2 pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
5.
Memahami hubungan sesama makhluk hidup
dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan
dimakan” antarmakhluk hidup (rantai makanan).
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan
hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis).
2. Mengidentifikasi
pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
3. Memberi
contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
4. Menjelaskan
hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup (rantai makanan).
5. Menyusun
rantai makanan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Melalui
pengamatan dan diskusi, peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan
hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis).
2. Mengidentifikasi
pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
3. Memberi
contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
Pertemuan
kedua
Melalui
pengamatan dan diskusi, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan hubungan makan dan dimakan
antarmakhluk hidup (rantai makanan).
2.
Menyusun rantai makanan.
v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, kerja sama,
kreatif, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli lingkungan, tanggung jawab, dan saling
menghargai.
E.
Materi
Ajar
Saling Kebergantungan
Antarmakhluk Hidup
1. Simbiosis
Simbiosis adalah
hubungan khas antara dua makhluk hidup yang hidup bersama-sama.
·
Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme
adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.
·
Simbiosis Komensalisme
Hubungan antara dua
makhluk hidup yang hanya menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan
pihak lain disebut simbiosis komensalisme.
·
Simbiosis Parasitisme
Hubungan antara dua
makhluk hidup yang salah satunya dirugikan sedang yang satunya diuntungkan
disebut simbiosis parasitisme.
2. Rantai
Makanan
Rantai makanan
adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu.
Rantai makanan ini terjadi pada sebuah ekosistem. Misalnya pada ekosistem sawah
terdapat padi, tikus, ular dan elang. Urutan rantai makanan yang terjadi yaitu
padiàtikusàularàelang.
F.
Metode
Pembelajaran
1.
Metode : Ceramah, tanya
jawab, pemberian tugas, kerja kelompok dan diskusi.
2.
Pendekatan : Konstruktivis
3.
Model : Interaktif
G.
Kegiatan
Belajar Mengajar
Pertemuan
pertama : 2 jp x 35 menit
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru mengabsen kehadiran siswa, berdoa,
membuka pelajaran dan memotivasi siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik mengamati gambar salah
satu jenis simbiosis (kupu-kupu hinggap di bunga).
·
Guru bertanya: “Apakah kamu pernah
melihat kupu-kupu hinggap di bunga?”. “Apa yang terjadi dari peristiwa tersebut?”,
“Apakah yang dilakukan kupu-kupu merugikan bunga?”,”Mengapa?”.
·
Siswa diminta untuk mencatat jawaban
masing-masing pada buku catatan masing-masing.
Elaborasi
·
Guru bertanya: “Apa saja yang ingin kamu
ketahui, kemukakanlah!”.
·
Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan
siswa pada papan tulis. Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ingin
diketahui jawabannya melalui penyelidikan.
·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok.
·
Guru meminta siswa untuk menentukan
urutan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan
panduan LKS secara berkelompok.
·
Peserta didik mengerjakan LKS secara
berkelompok.
·
Peserta didik dipandu oleh guru
mendiskusikan hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada pengetahuan
awal mereka.
Konfirmasi
·
Setelah menyelesaikan diskusi kelas,
guru meluruskan kesalahan pemahaman.
·
Peserta didik diajak untuk menyimpulkan
pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
·
Guru memberikan penguatan.
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya.
3.
Kegiatan
Penutup
·
Guru memberikan pekerjaan rumah.
·
Guru menutup pelajaran dan berdoa.
Pertemuan
kedua : 2 jp x 35 menit
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru mengabsen kehadiran siswa, berdoa,
membuka pelajaran dan memotivasi siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru melakukan apersepsi.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik mengamati gambar ekosistem
sawah.
·
Guru bertanya: “Makhluk hidup apa saja
yang ada di gambar ini?”, “Antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain
adakah proses makan-memakan?”, “Sebutkan contohnya!”.
·
Siswa diminta untuk mencatat jawaban
masing-masing pada buku catatan masing-masing.
Elaborasi
·
Guru bertanya: “Apa saja yang ingin kamu
ketahui, kemukakanlah!”.
·
Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan
siswa pada papan tulis. Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ingin
diketahui jawabannya melalui penyelidikan.
·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok.
·
Guru meminta siswa untuk menentukan
urutan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan
panduan LKS secara berkelompok.
·
Peserta didik mengerjakan LKS secara
berkelompok.
·
Peserta didik dipandu oleh guru
mendiskusikan hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada
pengetahuan awal mereka.
Konfirmasi
·
Setelah menyelesaikan diskusi kelas,
guru meluruskan kesalahan pemahaman.
·
Peserta didik diajak untuk menyimpulkan
pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
·
Guru memberikan penguatan.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk bertanya.
3.
Kegiatan
Penutup
·
Guru memberikan pekerjaan rumah.
·
Guru menutup pelajaran dan berdoa.
H.
Sumber
dan Alat Pembelajaran
1.
Sumber : Buku
Mata Pelajaran IPA untuk Kelas IV
2.
Alat
dan bahan : Gambar,
LKS, kertas karton, gunting, lem kertas, penggaris, dan spidol warna atau
pensil warna.
I.
Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses
pembelajaran dan akhir pembelajaran.
1.
Teknik :
o Tertulis
o Kinerja
o Lisan
2.
Jenis
:
o Pilihan Ganda
o Uraian
3.
Instrumen
:
o LKS
o Daftar pertanyaan
Penilaian Aspek Afektif (Sikap)
No
|
Aspek Sikap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Indikator Penilaian
|
1
|
Kehadiran di kelas
|
1. Tidak
hadir
2. Hadir
3. Hadir
dan serius
4. Hadir
dan aktif dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
2
|
Bertanya di kelas
|
1.
Tidak Bertanya
2.
Bertanya diluar pembahasan
3.
Bertanya seputar pembahasan materi
4.
Bertanya dengan pertanyaan yang bermutu
|
||||
3
|
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
|
1.
Tidak mengumpulkan
tugas
2.
Mengumpulkan tugas tidak tepat
waktu
3.
Mengumpulkan tugas tepat waktu
4.
Mengumpulkan tugas sebelum
waktunya
|
||||
4
|
Mendengarkan teman satu tim
|
1.
Tidak mendengarkan teman saat diskusi
2.
Mendengarkan tetapi tidak serius
3.
Mendengarkan dengan serius
4.
Mendengarkan dengan sangat serius
|
||||
5
|
Peran dalam tim
|
1. Tidak
pernah bekerja sama
2. Kurang
bekerja sama
3. Bekerja
sama
4. Bekerja
sama dengan baik
|
Penilaian Aspek Psikomotor
No
|
Aspek Psikomotor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Indikator Penilaian
|
1
|
Keterampilan menggunakan alat
|
1. Tidak
terampil
2. Cukup
Terampil
3. Terampil
4. Sangat
terampil
|
||||
2
|
Keterampilan merancang kegiatan
|
1. Tidak
terampil
2. Cukup
Terampil
3. Terampil
4. Sangat
terampil
|
||||
3
|
Keterampilan melaksanakan kegiatan
|
1. Tidak
terampil
2. Cukup
Terampil
3. Terampil
4. Sangat
terampil
|
Penilaian Aspek Kognitif
LKS
No
|
Instrumen
|
Skor Maksimal
|
1
|
LKS
1
|
15
|
2
|
LKS
2
|
15
|
Nilai
= (
) =
Ulangan Harian
No
|
Bentuk
|
No
Soal
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
1
|
PG
|
1-10
|
1
|
10
|
2
|
Uraian
|
1
|
3
|
20
|
2
|
9
|
|||
3
|
3
|
|||
4
|
2
|
|||
5
|
3
|
Nilai
= (
) =
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Afektif
|
Psikomotor
|
Kognitif
|
||||
1
2
3
4
5
|
0 komentar:
Posting Komentar