Labels

Kamis, 29 November 2012

Contoh RPP IPA Interaktif



Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                                   :
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    : IV / 1
Alokasi Waktu                       : 4 jp x 35 menit (2 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup  dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

B.     Kompetensi Dasar
5.1  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas  (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antarmakhluk hidup (rantai makanan).

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis).
2.      Mengidentifikasi pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
3.      Memberi contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
4.      Menjelaskan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup (rantai makanan).
5.      Menyusun rantai makanan.


D.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Melalui pengamatan dan diskusi, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis).
2.      Mengidentifikasi pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
3.      Memberi contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.


Pertemuan kedua
Melalui pengamatan dan diskusi, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup (rantai makanan).
2.      Menyusun rantai makanan.

v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, kerja sama, kreatif, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli lingkungan, tanggung jawab, dan saling menghargai.

E.     Materi Ajar
Saling Kebergantungan Antarmakhluk Hidup
1.    Simbiosis
Simbiosis adalah hubungan khas antara dua makhluk hidup yang hidup bersama-sama.
·         Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.
·         Simbiosis Komensalisme
Hubungan antara dua makhluk hidup yang hanya menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lain disebut simbiosis komensalisme.
·         Simbiosis Parasitisme
Hubungan antara dua makhluk hidup yang salah satunya dirugikan sedang yang satunya diuntungkan disebut simbiosis parasitisme.
2.      Rantai Makanan
Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Rantai makanan ini terjadi pada sebuah ekosistem. Misalnya pada ekosistem sawah terdapat padi, tikus, ular dan elang. Urutan rantai makanan yang terjadi yaitu padiàtikusàularàelang.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Metode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, kerja kelompok dan diskusi.
2.      Pendekatan    : Konstruktivis
3.      Model              : Interaktif

G.    Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan pertama : 2 jp x 35 menit
1.      Kegiatan Pendahuluan
·        Guru mengabsen kehadiran siswa, berdoa, membuka pelajaran dan memotivasi siswa.
·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik mengamati gambar salah satu jenis simbiosis (kupu-kupu hinggap di bunga).
·         Guru bertanya: “Apakah kamu pernah melihat kupu-kupu hinggap di bunga?”. “Apa yang terjadi dari peristiwa tersebut?”, “Apakah yang dilakukan kupu-kupu merugikan bunga?”,”Mengapa?”.
·         Siswa diminta untuk mencatat jawaban masing-masing pada buku catatan masing-masing.

Elaborasi
·         Guru bertanya: “Apa saja yang ingin kamu ketahui, kemukakanlah!”.
·         Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa pada papan tulis. Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan.
·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
·         Guru meminta siswa untuk menentukan urutan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan panduan LKS secara berkelompok.
·         Peserta didik mengerjakan LKS secara berkelompok.
·         Peserta didik dipandu oleh guru mendiskusikan hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada pengetahuan awal mereka.

Konfirmasi
·         Setelah menyelesaikan diskusi kelas, guru meluruskan kesalahan pemahaman.
·         Peserta didik diajak untuk menyimpulkan pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
·         Guru memberikan penguatan.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.

3.      Kegiatan Penutup
·        Guru memberikan pekerjaan rumah.
·        Guru menutup pelajaran dan berdoa.

Pertemuan kedua : 2 jp x 35 menit
1.      Kegiatan Pendahuluan
·        Guru mengabsen kehadiran siswa, berdoa, membuka pelajaran dan memotivasi siswa.
·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·        Guru melakukan apersepsi.


2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik mengamati gambar ekosistem sawah.
·         Guru bertanya: “Makhluk hidup apa saja yang ada di gambar ini?”, “Antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain adakah proses makan-memakan?”, “Sebutkan contohnya!”.
·         Siswa diminta untuk mencatat jawaban masing-masing pada buku catatan masing-masing.

Elaborasi
·         Guru bertanya: “Apa saja yang ingin kamu ketahui, kemukakanlah!”.
·         Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa pada papan tulis. Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan.
·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
·         Guru meminta siswa untuk menentukan urutan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan panduan LKS secara berkelompok.
·         Peserta didik mengerjakan LKS secara berkelompok.
·         Peserta didik dipandu oleh guru mendiskusikan hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada pengetahuan awal mereka.

Konfirmasi
·         Setelah menyelesaikan diskusi kelas, guru meluruskan kesalahan pemahaman.
·         Peserta didik diajak untuk menyimpulkan pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
·         Guru memberikan penguatan.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.

3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan pekerjaan rumah.
·         Guru menutup pelajaran dan berdoa.

H.    Sumber dan Alat Pembelajaran
1.      Sumber                    : Buku Mata Pelajaran IPA untuk Kelas IV
2.      Alat dan bahan       : Gambar, LKS, kertas karton, gunting, lem kertas, penggaris, dan spidol warna atau pensil warna.

I.       Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan akhir pembelajaran.
1.      Teknik :
o   Tertulis
o   Kinerja
o   Lisan
2.      Jenis :
o   Pilihan Ganda
o   Uraian
3.      Instrumen :
o   LKS
o   Daftar pertanyaan







Penilaian Aspek Afektif (Sikap)

No
Aspek Sikap
1
2
3
4
Indikator Penilaian
1
Kehadiran di kelas




1.     Tidak hadir
2.     Hadir
3.     Hadir dan serius
4.     Hadir dan aktif dalam mengikuti pembelajaran
2
Bertanya di kelas




1.      Tidak Bertanya
2.      Bertanya diluar pembahasan
3.      Bertanya seputar pembahasan materi
4.      Bertanya dengan pertanyaan yang bermutu
3
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas




1.      Tidak mengumpulkan  tugas
2.      Mengumpulkan tugas tidak tepat waktu
3.      Mengumpulkan tugas tepat waktu
4.      Mengumpulkan tugas sebelum waktunya
4
Mendengarkan teman satu tim




1.    Tidak mendengarkan teman saat diskusi
2.    Mendengarkan tetapi tidak serius
3.    Mendengarkan dengan serius
4.    Mendengarkan dengan sangat serius
5
Peran dalam tim




1.      Tidak pernah bekerja sama
2.      Kurang bekerja sama
3.      Bekerja sama
4.      Bekerja sama dengan baik
Penilaian Aspek Psikomotor

No
Aspek Psikomotor
1
2
3
4
Indikator Penilaian
1
Keterampilan menggunakan alat




1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil
2
Keterampilan merancang kegiatan




1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil
3
Keterampilan melaksanakan kegiatan




1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil

Penilaian Aspek Kognitif

LKS
No
Instrumen
Skor Maksimal
1
LKS 1
15
2
LKS 2
15

Nilai = ( ) =






Ulangan Harian
No
Bentuk
No Soal
Skor
Skor Maksimal
1
PG
1-10
1
10
2
Uraian
1
3
20
2
9
3
3
4
2
5
3

Nilai = ( ) =

            Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah Skor
Nilai
Afektif
Psikomotor
Kognitif
1
2
3
4
5

















0 komentar:

Posting Komentar